Latest News

Saturday, June 25, 2016

Ahok Jadi Bakal Cagub yang Paling Sering Dibicarakan di Medsos

Ahok Jadi Bakal Cagub yang Paling Sering Dibicarakan di Medsos


 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dinilai menjadi bakal calon gubernur yang paling sering dibicarakan di media sosial. Dibandingkan dengan kandidat ain, pembicaraan mengenai Ahok disebut mencapai 76 persen. 

Data tersebut disampaikan Datalyst Indonesia berdasarkan kajian teknologi "Big Data" untuk menjaring pendapat netizen terkait populatitas dan reputasi bakal calon dan isu-isu strategis seputar Pilkada DKI 2017. 

Dari data itu, Ahok menjadi tokoh yang paling populer. Sementara posisi kedua ditempati Yusril Ihza Mahendra dengan 10 persen, selanjutnya berturut-turut Ahmad Dhani dengan 5 persen,Sandiaga Uno dan Abraham Lunggana di posisi empat dan lima dengan 4 persen, dan posisi terakhir ditempati Adhyaksa Daultdengan popularitas 1 persen. 

"Ahok menjadi tokoh yang paling populer. Terdapat sekitar 2,6 juta tweet yang membicarakan Ahok dalam waktu tiga bulan," kata peneliti Datalyst, Amanah Ramadiah di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2016). 

Menurut Amanah, ada tujuh topik utama yang dibahas oleh netizen tentang Ahok. Ketujuhnya yakni niatan Ahok untuk maju sebagai calon independen, dukungan parpol terhadap Ahok,reklamasi di Pantai Utara Jakarta, banjir, penggusuran, pembelian RS Sumber Waras, dan penertiban kawasan Kalijodo

Amanah menyatakan pembicaraan mengenai Ahok banyak yang bernada positif. Ia menyebut terdapat lebih dari 600.000 tweetpositif mengenai Ahok. Di posisi kedua adalah Yusril dengan jumlah tweet 90 ribu. 

"Sementara itu, tweet mengenai bakal calon lainnya kebanyakan bersifat netral, tidak positif dan tidak negatif," papar dia. 

Data yang digunakan Datalyst diambil dari twitter dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, tepatnya dari 22 Februari hingga 30 Mei 2016. Selama tiga bulan, terdapat lebih dri 3.5 juta  percakapan seputar Pilkada DKI di media sosial dengan jumlah percakapan setiap hari sekitar 50.000

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/06/24/19025421/ahok.jadi.bakal.cagub.yang.paling.sering.dibicarakan.di.medsos

No comments:

Post a Comment