Latest News

Saturday, August 22, 2015

Menteri Agraria: Langkah Ahok Tepat, Selamatkan Warga Kampung Pulo dari Banjir

Menteri Agraria: Langkah Ahok Tepat, Selamatkan Warga Kampung Pulo dari Banjir

Penggusuran permukiman Kampung Pulo, Kamis (20/8/2015) Foto: Rachman Haryanto

Menteri Agraria: Langkah Ahok Tepat, Selamatkan Warga Kampung Pulo dari Banjir


Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ KepalaBadan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan mendukung langkah Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama merelokasi warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Menurut Ferry, Ahok justru menyelamatkan warga dari banjir.

"Di sana bukan penggusuran, tapi penataan wilayah. Kalau dibiarkan saja kan banjir. Dalam rangka mengatasi banjir, maka warga harus dipindahkan, direlokasi," ujar Menteri Ferry di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Ferry menilai, langkah Pemprov DKI sudah tepat menyediakan rusun bagi warga bantaran kali, bahkan sekelas apartemen. Warga pun kata Ferry, sebetulnya sudah menerima karena tidak ingin terus-menerus terkena banjir.

"Dari awal mereka mau direlokasi, karena selamatkan mereka dari musibah banjir yang tiap tahun pasti hadir. Kalau dengan mereka pindah ditata, tidak saja hindarkan warga dari banjir, tapi potensi banjir di DKI berkurang," ujar menteri berkacamata itu.

Karenanya menurut Ferry, membaca peristiwa yang terjadi di Kampung Pulo harus dilihat dalam kacamata saat banjir menenggelamkan Kampung Pulo, di mana warga sangat kesusahan. Tidak saja seperti sekarang. 

"Kalau terus di sana kan banjir, kalau nggak ditolongin gimana. Jadi kalau potret begituan pada saat banjir. Kalau Pemda DKI biarkan banjir karena orangnya nggak mau direlokasi, kan soal juga," ucap politisi NasDem itu.

"Lalu kalau dibiarkan dan menyerah, kita semakin sengsarakan masyarakat. Kan begitu, sudah tahu banjir kok (Pemprov) dilihati saja," imbuhnya.

http://news.detik.com/berita/2997749/menteri-agraria-langkah-ahok-tepat-selamatkan-warga-kampung-pulo-dari-banjir

No comments:

Post a Comment