Latest News

Monday, January 25, 2016

Indonesia bangun 15 Bandara baru di 2016 habiskan Rp 5 Miliar

Indonesia Sentris

Indonesia bangun 15 Bandara baru di 2016 habiskan Rp 5 Miliar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal membangun dan mengembangkan bandara-bandara baru di 15 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun ini.

Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, J A Barat menjelaskan bahwa hal ini sangat sejalan dengan fokus kerja Kementerian Perhubungan yaitu meningkatkan kapasitas serta kualitas dari pelayanan transportasi.

"Selain pembangunan bandara baru, akan dilakukan juga perpanjangan landasan pacu (runway) di 27 lokasi dan rehabilitasi terminal penumpang bandara di 13 lokasi," tutur dia dalam keterangan tertulis Sabtu (16/1/2016).

Untuk dapat memuluskan upaya itu, Kementerian Perhubungan sudah mengalokasikan anggaran yang cukup besar di tahun ini.


"Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan dana sebesar Rp 5.836.736.655 untuk pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan prasarana bandar udara pada Tahun Anggaran 2016," jelas dia.

Ia juga menambahkan kalau pembangunan itu tak hanya terfokus di wilayah Jawa, tetapi merata ke pulau lainnya di Nusantara. Dengan kata lain, tak lagi Jawa-sentris tapi adalah Indonesia-sentris.

Kementerian Perhubungan, kata dia, berkomitmen untuk mewujudkan Nawa Cita yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, yaitu pemerataan pembangunan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Pembangunan 15 Bandara baru

1. Anambas
2. Tambelan
3. Tebelian
4. Enggano
5. Miangas
6. Morowali
7. Buntu Kunik
8. Kufar
9. Namniwel
10. Pantar
11. Moa
12. Segun
13. Sinak
14. Koroway
15. Manggelum

Dengan demikian, pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi udara ini banyak dilakukan di wilayah terluar dan perbatasan Indonesia, seperti Kepulauan Anambas (Provinsi Kepulauan Riau) ataupun Pulau Miangas (Provinsi Sulawesi Utara) yang terletak di perbatasan Indonesia - Filipina.

"Daerah timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua pun tak luput menjadi sasaran pembangunan," sambung dia.

Berikut keterangannya lewat infografis:

Infografis Peningkatan Kapasitas Transportasi Udara
Infografis Peningkatan Kapasitas Transportasi Udara

Semoga pembangunan bandara baru ini dapat berjalan dengan lancar.

(tcp-ref)

URL DCMA : http://www.hatree.net/2016/01/indonesia-bangun-15-bandara-baru-di.html#ixzz3yGbGQWyY



No comments:

Post a Comment