Latest News

Tuesday, June 2, 2015

Orang Agamais, Pastinya Pancasilais

Orang Agamais, Pastinya Pancasilais

Taufik Ismail/Tribunnews.com
Wakil Ketua Lembaga Bahstul Masail PBNU KH Cholil Nafis. 

Orang Agamais, Pastinya Pancasilais


Pancasila bukan agama, tetapi 'kesaktian'-nya terbukti dapat menyatukan agama-agama yang hidup dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). NKRI yang diraih dengan perjuangan dan pengorbanan telah memilih Pamcasila sebagai sikap bijak untuk mempersatukan dan menyejahterakan masyarakat.
Umat Muslim mayoritas telah merelakan egonya untuk berbagi kebaikan yang terkandung dalam ajaran Islam dan menyingkirkan potensi perpecahan yang mungkin timbul saat proklamasi kemerdekaan dan kehidupan berbangsa selanjutnya di bumi Indonesia (dar'u al-mafasid muqaddam 'ala jalbi al-mashalih).
Kewajiban anak bangsa Sekarang ini adalah memelihara kerukunan antarumat dan internal umat beragama juga memaksimalkan potensi diri untuk mengisi kemerdekaan yang digali dari spirit dan nilai-nilai agama. Agama yang luhur dan suci perlu di-bumi-kan untuk menjadi pijakan manusia yang penuh ambisi dan nafsu.
Kini Perjuangan anak bangsa Indonesia yang dinantikan adalah mengentaskan kebodohan dan kemiskinan serta mengupayakan sumber daya alam sepenuhnya untuk rakyat Indonesia.
Pancasila tak perlu dipertentangkan apalagi dibenturkan dengan ajaran agama. Sebab agama lebih luas cakupannya dan komprehensif. Sedangkan Pancasila adalah kebutuhan sebagai falsafah dan dasar negara. Orang yang agamis pastinya adalah pancasilais.
Oleh: Cholil Nafis, Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU
Source : http://m.tribunnews.com/tribunners/2015/06/02/orang-agamais-pastinya-pancasilais

No comments:

Post a Comment