Latest News

Monday, June 1, 2015

Berjuang membumikan Pancasila, menjadikannya realiteite, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Berjuang membumikan Pancasila, menjadikannya realiteite, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saudara-saudara,
Pagi tadi saya mengikuti upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 2015, di alun-alun kota Blitar.
Setiap kali saya berada di Blitar, hati saya selalu bergetar, karena saya selalu teringat pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945. Tujuh puluh tahun lalu, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno menyatakan, ”Pancasila, itulah yang berkobar-kobar dalam dada saya, sejak berpuluh-puluh tahun, diterima atau tidak, terserah saudara-saudara, tetapi saya sendiri mengerti seinsyaf-insyafnya, bahwa tidak satu weltaschauung dapat menjelma dengan sendirinya, menjadi realiteite, jika tidak dengan perjuangan.”
Sejauh ini, kita harus mengakui, Pancasila belum sepenuhnya menjelma menjadi perikehidupan yang adil, manusiawi, toleran, dan makmur bagi para petani, buruh, nelayan, guru, pedagang kaki lima, rakyat yang tinggal di perbatasan dan pulau-pulau terluar, serta anak bangsa yang lain.
Pancasila yang seperti itu adalah ibarat butir-butir mutiara yang digali dari bumi pertiwi. Tapi, butiran mutiara itu belum dirajut menjadi untaian kalung, dia belum menjadi realiteite.
Pembacaan Bung Karno atas Pancasila mengingatkan saya bahwa tidak ada negara yang berdiri tanpa perjuangan. Berdirinya NKRI tidak berarti perjuangan selesai. Justru kita baru memulai.
Karena itu tugas kita bersama adalah bekerja keras, berjuang membumikan Pancasila, menjadikannya realiteite, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Pergerakan kita janganlah pergerakan yang kecil-kecilan. Pergerakan kita haruslah suatu pergerakan yang ingin mengubah sifat masyarakat. Suatu gerakan yang menjebol kesakitan-kesakitan masyarakat sampai ke akar-akarnya.
Tugas kita adalah mewarisi api pemikiran dan perjuangan Bung Karno. Untuk bisa mewarisi api pemikiran itu, saya ajak rakyat Indonesia: mari dalam peringatan momentum Hari Pancasila kita bersatu-padu bergandeng tangan mewujudkan janji kemerdekaan.
Source : https://www.facebook.com/presidenID/photos/a.395824410606414.1073741848.390581294464059/398047020384153/?type=1&theater

No comments:

Post a Comment