Latest News

Tuesday, March 10, 2015

Ditanya Sudah Bangun Apa, ini Jawaban Jokowi

Presiden Joko Widodo dalam acara dialog DBS To The Point Beritasatu TV bersama Don Bosco Selamun.

Ditanya Sudah Bangun Apa, ini Jawaban Jokowi

Bogor – Belum ada lima bulan sejak dilantik, Presiden Joko Widodo rupanya sudah menyiapkan kejutan bagi rakyat Indonesia berupa lompatan besar di bidang infrastruktur, yang menurut janjinya akan mulai terlihat akhir tahun ini juga.
Hal tersebut disampaikan presiden dalam program DBS To The Poin dengan hostPemimpin Redaksi Beritasatu TV Don Bosco Selamun, tayang Selasa (3/3) malam.
Dalam kesempatan tersebut, Don Bosco bertanya tentang prioritas pemerintah di bidang pembangunan ekonomi, di tengah meningkatnya pesimisme masyarakat mengingat makin panasnya suhu politik dan konflik antar lembaga hukum yang menguras waktu dan pikiran kepala negara.
“Ruang fiskal kita besar sekali, contoh untuk infrastruktur, anggarannya Rp 290 triliun. Ini paling besar dalam sejarah, nanti bisa dilihat jadi barang apa,” mulai presiden RI ketujuh itu sambil tersenyum.
Setelah itu Jokowi, sapaan akrab presiden, membeberkan proyek-proyek pemerintah yang telah mulai dirintis dengan dana besar tersebut, dari pelabuhan, jalan tol sampai bendungan.
“Akhir tahun nanti akan mulai kelihatan, mungkin sudah jadi 30 persen atau 50 persen. Yang kita bangun ini dalam jumlah tidak main-main. Misalnya tahun ini dimulai pembangunan 13 bendungan besar di beberapa provinsi, yang totalnya nanti ada 49,” paparnya.
“Kemudian dimulai pembangunan tol di Sumatera yang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi cerita yang tidak dimulai-mulai. Ini dimulai -- Trans Sumatera -- Maret atau paling lambat April sudah dimulai.”
Pembangunan pelabuhan baru menurut Jokowi malah sudah dimulai dengan ground breakingproyek Kuala Tanjung, yang akan memiliki kawasan industri seluas 2.200 hektare, kemudian akan disusul pelabuhan Tanjung Api-Api dan seterusnya.
“Nanti dilihat kalau sudah jadi. Kalau sekarang cerita, nanti terlalu banyak cerita,” ujar Jokowi sambil kembali tersenyum.
Penulis: Heru Andriyanto/HA

http://www.beritasatu.com/ekonomi/254037-ditanya-sudah-bangun-apa-ini-jawaban-jokowi.html

No comments:

Post a Comment